Mau Tumbuh Kembang Si Kecil Optimal? Inilah 3 Hal Penting Yang Bisa Ayah Bunda Berikan Saat Mendampingi Si Kecil Bereksplorasi - Fenny Ferawati

Tuesday, August 30, 2016

Mau Tumbuh Kembang Si Kecil Optimal? Inilah 3 Hal Penting Yang Bisa Ayah Bunda Berikan Saat Mendampingi Si Kecil Bereksplorasi

Apakah ayah bunda mengetahui Shannaz Haque? Artis satu ini terbilang salah satu bunda yang berhasil mendidik buah hatinya menjadi pribadi yang tumbuh kembangnya optimal. Tayangan foto keluarga bahagia dengan 3 putri yang memiliki prestasi di bidangnya masing-masing menghiasi layar yang terpampang di ruang seminar “Tumbuh Kembang Optimal Si Kecil berawal dari Perlindungan yang Tepat” di Ballroom Hotel Atria, Malang pada hari Sabtu, 27 Agustus 2016 kemarin. Salah satunya prestasi Pruistin, putri pertama Shannaz yang terpilih sebagai Tim Nasional Softball Indonesia saat usia 13 tahun. Wow, pasti bikin ayah bunda ingin anaknya berprestasi juga bukan?



Saat seminar Duta Dancow Parenting Center ini bersama 3 narasumber berbagi informasi tentang apa saja yang perlu ayah bunda beri dan lakukan pada si kecil agar tumbuh kembangnya optimal. Dan berikut 3 hal penting yang WAJIB diketahui dan dipraktekkan oleh ayah bunda.



Cinta Sejati Ayah Bunda
Banyak ayah bunda yang salah kaprah mewujudkan cinta dan kasih sayangnya dalam bentuk memberikan apa saja agar si kecil bahagia. Menurut Bunda Vera Itabiliana, Psi, pola asuh seperti termasuk pola asuh tipe permisif. Ada pula tipe pola asuh otoriter yang cenderung memaksakan kehendak dan prinsip orang tua , ada tipe pola asuh abai yang cenderung tidak mendampingi anak bereksplorasi dan ada pula tipe pola asuh demokratis yang memberikan anak kebebasan bereksplorasi namun dalam batasan dan pengawasan. Tipe pola asuh demokratis inilah yang dianggap cara mendidik anak yang tepat. Dengan demikian anak bisa belajar secara maksimal saat bereksplorasi.



Stimulasi
Pola asuh yang tepat diwujudkan dalam bentuk stimulasi sesuai tahap perkembangan buah hati. Tahukah ayah bunda bahwa saat si kecil usia diatas satu tahun sudah disebut sebagai anak. Hal ini karena si kecil sudah bisa berjalan dan siap bereksplorasi. Stimulasi yang diberikan harus mendukung berbagai kemampuan si kecil yang mencakup sensori-motori, komunikasi, sosio-emosional, kemandiria, kognitif dan kreativitas.



Nutrisi 
Dalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang kuat. Oleh karenanya perlu dukungan nutrisi yang tepat. Sebagian besar ayah bunda mengangap anak yang banyak makan berarti cukup kebutuhan nutrisinya. Padahal semua ada takarannya. Pakar Nutrisi dan Tumbuh Kembang Anak Bunda Sari Sunda Bulan, AMG memberitahukan bahwa kebutuhan nutrisi bisa dilihat dari ukuran telapak tangan si kecil maupun ayah bunda. Contohnya kebutuhan karbohidrat buah hati diberikan sebesar kepala tangan buah hati setiap porsinya.



Faktanya, 80% daya tahan tubuh anak bergantung dari kesehatan saluran cerna dimana peran bakteri baik sangat diperlukan dalam proses pencernaan makanan. Tidak semua bakteri baik lho ayah bunda. Berdasarkan penelitian bahwa bakteri Lactobacillus rhamnosus adalah bakteri baik yang diperlukan saluran cerna. Oleh karenanya, susu pertumbuhan Dancow ExcelNutri+ yang mengandung serat pangan inulin, vitamin A,C,E serta mineral Selenium dan Zink diberi tambahan kandungan bakteri Lactobacillus rhamnosus  dan Billidobacterium langumi supaya saluran cerna buah hati terlindungi. Dengan begitu si kecil memiliki tubuh yang sehat dan kuat untuk bereksplorasi.



No comments:

Post a Comment